Konfigurasi 1 Input Audio untuk 2 Speaker

room spectrum

Okay kali ini ane sedikit share ya.. mengenai  cara mengkombinasikan beberapa speaker menjadi satu kesatuan yg utuh dan saling bersinergi  yang tentunya nanti diharapkan bisa menghasilkan sebuah kolaborasi yang sempurnaa (halah..)

Okay langsung saja, speaker yang saya gunakan kali ini adalah speaker dengan merk Edifier M1350 untuk tops dan Speaker Lokal untuk sub yang konon merknya sudah cukup terkenal.

Q : Loh kok pake 2 speaker gitu? Apa nanti nggak berisik ?

Yap, pertanyaan yang bagus.. Tuliskan nama dan NIM anda (xixiix) , jadi gini penggunaan 2 speaker disini tidak disetting untuk menghasilkan frekwensi yang sama, dengan kata lain 2 speaker untuk 2 Frekwensi.  2 Frekwensi tersebut akan dibahas bentar lagi, gimana paham belum?

 Q : Maksutnya apa gueh nggak paham niehh ??

Sabar masbroo, penjelasannya baru mau tak lanjutin nih, kalo belajar itu harus sabar ya? Seperti yang pernah disampaikan bapak Dosen beberapa bulan yang lalu, kurang lebih seerti ini, “Salah satu kunci belajar adalah Bersabar” . Nah sekarang tak lanjutin penjelasannya, jadi 2 frekwensi yang berbeda tadi maksudnya adalah salah satu dari speaker diatas untuk menghasilkan suara tengah-atas  (MID-HIGH) dan yang satunya lagi untuk mengkasilkan nada rendah (LOW). Dengan kata lain 2 speaker tadi bisa saling melengkapi.

Penampakan untuk speaker yang bertugas mengcover speaker mid-high

tops

Hasil Pengukuran frekwensi untuk tops speaker menggunakan Real Time Analyzer

tops freq

Okay masbro, dari hasil pengukuran RTA diatas bisa kita lihat untuk coverage frekwensi yang dihasilkan oleh speaker Edifier M1350 cukup luas , dan memang saya akui untuk produk- produk speaker Edifier memang kejernihnya (clarity) tidak diragukan lagi.

Speaker untuk subwoofer 

sub

Nah ini speaker yang saya gunakan untuk mengcover nada rendah yang dihasilkan dari music maupun movie. Saya menggunakan dual 8″ with driver tweeter akan tetepi untuk tweeter (cover freq mid-hi) saya disable, karena mid sudah di handle si Edifier.  Oya sub ini produk Indonesia loh… Hehe, menurut ane kualitasnya lumayan lahh😀

Hasil pengukuran  subwoofer:

subs freq

Menurut hasil pengukuran dan pendengaran saya sub ini memang mampu mengcover frekwensi rendah, pengukuran sub dan tops speaker ini dilakukan dengan memutar music Orkestra Onny & Friends.

Oke check this out

Pertama-tama yang anda butuhkan adalah

jack

  1.  Jack male to 2 female untuk menggabungkan 1 input menjadi 2 input audio.
  2.  Inputkan jack dari speaker sub dan tops kedalam jack tersebut.
  3.  Atur konfigurasi speaker sedemikian rupa sehingga pas di telinga anda. Bila ingin mendapatkan hasil yang flat gunakan alat ukur yang dibutuhkan.

Hasil pengukuran akhir antara tops dan subwoofeer, diambil didepan speaker berjarak 1 meter

all

Nah diatas merupakan hasil pengukuran dari kedua speaker saat bersamaan dimainkan, memang sih belum bisa flat.. Tapi paling tidak mendekati lahh😀

Sedikit testimoni :

1. Sementara untuk mendengarkan music Orkestra detail dari alat-music sudah bisa didapat dan pas ditelinga
2. Untuk yang bergenre dangdut hentakan kick drum belum bisa menghentak pada frekwensi <64hz sehingga kurang mak jlebbb seperti punya audio mobil
3. Untuk muter video gimana? Tinggal siapin peredam aja buat ruangannya deh… glerrr😀

Diatas tadi sedikit informasi yang bisa kami share,  bila banyak kesalahan kami mohon maaf serta mohon dibenarkan via FB Forum yang sudah tertera disebelah kanan webblog ini. Kami sangat berterimakasih bila ada agan2 yang bersedia membenarkan/meluruskan.  Terimakasih

Categories: TIPS N TRIK | Tags: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Ada Tambahan ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: