Jangan salah memilih RAM (volatile memory)

Selamat malam agan-agan sekalian, kale ini saya akan berbagi ilmu mengenai masalah RAM , anggapan RAM dan Type RAM
tentunya berumber dari banyak forum dan pengalaman sendiri…

Enjoyyy😀

Banyak pengguna awam tidak mengerti mengenai memory RAM high end. Beberapa beranggapan bahwa memory yang mahal perfomanya lebih bagus dari pada memory biasa. Ambil contoh memory high end merek corsair, G-Skill sering kali dipandang memiliki perfoma yang lebih bagus dibanding memory biasa seperti Vgen, Corsair, Elixir, Avexir, dsb. Harga sepertinya memberikan sugesti bahwa ram mahal tersebut punya perfoma yang lebih baik.

Penjual selalu merekomendasikan ram-ram mahal tersebut pada pengguna awam dengan alasan perfomanya lebih bagus. Padahal hal tersebut tidak benar. Memory baik yang harganya mahal maupun yang value dengan spesifikasi sama misalnya DDR3 PC16000 dan settingan Timming yang sama, perfomanya sama. Pertanyaan lalu mengapa harganya lebih mahal???

Ram High End ditujukan untuk pengguna overclocking atau untuk PC yang dioverclock. Prosesor dan motherboard memiliki standart clock maksimal untuk memory. Tindakan menaikkan clock tersebut disebut dengan overclocking. Sebagai contoh prosesor AMD secara default atau bawaan pabrik berjalan pada clock 2000mhz dan memory maksimal pada clock 1333mhz. Anda mau menggunakan memory semahalan apapun bahkan clocknya mencapai 2000mhz sekalipun tetap akan berjalan pada clock 1333mhz. ini adalah setting bawaan pabrik bila anda memaksimalkan RAM anda maka anda harus melalukan overclocking.

NEXXTTT>>>Apa itu Value Ram dan High End Ram??
VALUE RAM

Value RAM adalah sebuah ram yang dikategorikan RAM berlevel rendah, namun jangan salah…performanya ga boleh kita remehkan ( soalnye ane pake PC&Laptop RAMnya value semua😀 )…RAM ini tidak direkomendasikan untuk di OC
Dan biasanya RAM jenis ini dibawakan saat kita membeli laptop/desktop PC

High end RAM

Nah sekarang dari segi bentunya sudah tau kan antara ValueRam dan HI-END RAM??hahaha😀

bila bicara pada kondisi default alias bawaan pabrik maka tidak ada beda perfoma. Keunggulan RAM High End akan terlihat pada saat sistem dioverclock. RAM High End dapat berjalan pada clock yang lebih tinggi dari dibanding memory value. Ram high end memang didesain untuk overclocking sehingga perfoma baru kelihatan setelah sistem dioverclock. Memory yang baik untuk overclock adalah memory yang mampu berjalan pada clock tinggi dengan timming yang ketat. Setiap memory high end memiliki karakter yang berbeda ada yang clock tinggi ada yang timming (CL) ketat, dan ada yang memiliki kedua karakter tersebut. Jadi tidak heran bila harga memory high end lebih mahal dari memory value

Heatspreader dan NON Heatspreader

Ketakutan panas menurut saya adalah alasan mengapa banyak pengguna lebih memilih memory dengan heatspreader. Memang benar fungsi HS adalah untuk mengurangi panas memory yang berlebihan pada chip memory. Penggunaan HS dipandang dapat memperpanjang umur memory. Pemahaman ini tidaklah salah tetapi terkadang penggunaan yang tidak tepat.

Memory dengan HS lebih tepat dan wajib bagi pengguna PC Overclock, sehingga tidak heran bila memory high end dijual dengan HS. Hal ini digunakan untuk meredam panas memory yang terjadi saat memory dioverclock. Namun apakah HS perlu untuk sistem default???

Menurut saya terlalu berlebihan sebuah PC biasa dengan settingan standart menggunakan memory dengan HS. Memory dibuat dengan standart pabrik. Ketika pabrik memberi label clock memory 1333mhz maka memory tersebut dapat berjalan pada 1333 tanpa ada masalah. Tentu sudah pasti lolos pengujian kualitas dari pabrik. Memory dengan kemampuan berjalan pada 1333 akan bersuhu normal sehingga tidak perlu menggunakan pendingin passive tambahan. Sekali lagi pabrik sudah memberi garansi memory tersebut bisa berjalan normal di clock 1333mhz. Jadi tidak perlu memory dengan HS bila PC pada kondisi default. Lagi pula hampir semua merek menerapkan lifetime warranty sehingga tidak masalah menggunakan memory non HS.

Bagaimana jika gosong???

Logika yang masuk akal, memory gosong karena kepanasan. Memory akan panas bila berjalan pada clock diatas standartnya dan voltase memory yang berlebihan. Dalam hal overclocking memang diperlukan penambahan voltase pada memory agar memory dapat lebih stabil. Tindakan ini tentu saja membuat memory kepanasan dan bisa berakibat gosong. Jadi memory tidak akan mengalami gosong bila tidak dioverclock.

KESIMPULANNYA AGAN2

Bila anda tidak mengerti overclock atau komputer anda hanya ingin berjalan dengan settingan pabrik maka cukup membeli memory value biasa. Mengenai merek apa yang anda pilih pertimbangan yang diperlukan adalah masalah kemudahan garansinya. Pilihlah memory yang mudah klaim garansi. Sekali lagi memory high end hanya akan menunjukkan perfomanya ketika sistem dioverclock bila semua pada settingan default, perfomanya akan sama dengan memory value biasa.

Picture by : Tom’s Hardware and many more😀
SMG bermanfaat

Categories: Hardware | Tags: , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Jangan salah memilih RAM (volatile memory)

  1. Keren artikelnya bisa jadi referensi tulisan saya ini, terima kasih :

    Tips Memilih RAM Memory Komputer dan Laptop Terbaik

    Suka

Ada Tambahan ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: