CARA MENG-KALIBRASI BATTERAY

Sebelu mengetahi cara mengkalibrasi batre laptop , hendaknya kita harus tahu apa sebab dan manfaatnya,
berikut kami jelaskan beberapa gan…ENJOYYYY >>>>

1. Pembacaan Battery akan sedikit nyata PADA LAPTOP KITA…

KEKURANGAN :

1. Cycle count berkurang 1 cycle.
2. disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah dikalibrasi karena komponen2 nya masih bagus2.. Bagaimana dengan laptop tua yang komponen2 nya sudah lemah??? ini musibah..
3. Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar..
kembali lagi ke laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Mobo dan Controlling Battery di battery.

BEGINI NIH ARANYA GAN… ENJOY YAAA😀

Pada dasarnya baterai terdiri dari 2 bagian komponen pokok…:
1. Cell Baterai

2. Controler Baterai

tanda2 kerusakan baterai, ada banyak sih…..gue tulis beberapa aja gan..!!!
1. dicash 10 menit full tapi begitu bat dipake 10 menit pula lepi mati.
2. no charging
3. indokator charging blinking
4. dll…….

penyelesaian….
1. untuk point 1 biasa kerusakan ada pada cell baterai yang notabene cell baterai soak. jalan keluarnya ganti cell yang soak.
2. untuk point 2 ini yg agak rumit gan……bisa juga kerusakan terjadi pada MB lepinya khususnya pada chipset yg menangani charging (ada banyak tipe, tergantung merk lepi), tapi tidak menutup kemungkinan sekering pada baterai putus bisa juga komponen2 sekunder lainnya pada batterai.

3. untuk point ke 3 kerusakan ini mirip dengan kerusakan printer (waste tank full) untuk istilah pada baterai cycle count, jika agan2 saya tanya bagai mana membetulkan waste tank full, pasti agan2 semua jawabnya software resetter, yap……..betul. agan2 semua hanya membutuhkan 2 alat pokok untuk membetulkan kerusakan point 3 ini :
– Sebuah Interface dari komputer ke baterai, agan bisa bikin sendiri……

– setelah interface udah selesai, agan2 tinggal butuh softwarenya…saya sebut 2 dari sekian banyak pilihan…..very sorry gan..!!!

Battery EEPROM Works
AccPlus1.4

dan setelah agan2 bermain2 dengan nih software, agan akan sering melihat data seperti ini:

EEPROM chip: AK6480A
Controller: M37516
FullChargeCapacity: 3600
CycleCount: 4520
ManufactureDate: 2006.3.28 (ymd)
ManufacturerName: Panasonic
DeviceName: IBM-02K6710
DeviceChemistry: LION

saya rasa sekian dulu ya gan…..gue janji lain kali gue sambung…….
sekiranya Thread ini tidak izinkan hapus aja gan.

TAMBAHAN :

  1. Saya baru pakai 3 bulan/1tahun kok baterai sudah tidak bisa dipakai :
    Baterai dipakai BUKAN BERDASARKAN WAKTU (hari, bulan, tahun), tetapi di-DIHITUNG berdasarkan CYCLE CHARGE-DISCHARGE, setiap satu cycle kemampuan berdasarkan kalkulasi BOARD BATTERY akan berkurang, bukan kemampuan cell baterai. Dimana BOARD BATTERY ada batasan minimum kemampuan baterai yang diperbolehkan. Pada umumnya baterai bisa sampai 400-600 cycle. Jadi kalau dalam satu hari melakukan 30 cycle, kurang lebih baterai dalam 10 hari akan drop
  2. Baterai saya charge kok tidak penuh2x hanya sampai xx% :
    Kenapa tidak penuh2x, karena Current Capacity di BOARD BATTERY tidak sinkron/SAMA dengan perhitungan Arus dan Voltage CELL BATTERY (CELL IMPEDANCE). Ada beberapa type yang bisa di kalibrasi ada yang di LOCK oleh MANUFACTURE BATTERY (Bukan Manufacture laptop).
  3. Lampu charge baterai menyala tetapi kalau adaptor di cabut laptop ikut mati / baterai tidak berfungsi normal :
    Kondisi ini biasanya karena SAFETY CIRCUIT di BOARD BATTERY sudah rusak, bisa di akibatkan over current (I), over voltage (V) maupun heat atau panas. Dan didalam BOARD BATTERY terdapat safety circuit 3 lapis dan CUKUP CERDAS
  4. Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut :
    Didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri.

SEMOGA BERMANFAAT  YAA….😀

Categories: TIPS N TRIK | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Ada Tambahan ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: