Windows 8 review

Di Windows 8 Depelover (Versi Pengembangan), setelah beberapa bulan memakainya, saya mengalami banyak sekali bugs dan error sana-sini. Mulai dari software yang gak respon, macet ketika shut down, gagal booting, dan banyak kekurangan lain yang membuat saya pusing. Untungnya, saya masih menggunakan dualboot sama Windows 7, jadi ketika ‘adiknya’ lagi sakit, saya bisa beralih ke Windows 7.Untuk kenyamanan penggunanya, pihak Microsoft pernah menyatakan untuk tidak menggunakan Windows 8 Review sebagai sistem operasi utama, karena dalam tahap pengembangan dan penambalan. Sehingga banyak sekali bugs ditemukan.

Nah, setelah seharian download filenya sebesar 2.5Gb, akhirnya saya tancapkan lagi flashdisk untuk menginstall Windows 8 Finalnya. Dalam perkiraan saya sebelumnya, proses installasi tidak jauh berbeda dengan versi Depelover, bahkan hampir sama. Hanya ada beberapa perbedaan sedikit di tahap konfigurasi. Anda dapat download di situs resminya disini.
Kesan pertama dari Windows 8 Final ini adalah tampilan eks. Metro yang lebih baik dari versi Depelovernya. Tataletak dan icon-iconnya lebih tertata rapi.
Tampilan Eks. Metro Windows 8
Windows 8 ini tersedia dalam versi Evaluation Copy untuk 90 hari gratis. Dan Key nya tersedia di halaman downloadnya. Untuk informasi saja, jika mau upgrade ke Windows 8 Pro, harganya kira-kira 40$.
Yang membuat saya keren-kagum adalah rombakan dan kegesitan Windows 8 ini. Berikut beberapa poin yang sangat memberikan kejutan pada saya:
Perpindahan Jendela
Di Windows 8, jika kita mau pindah ke software yang sedang dijalankan (start software) sangat mudah sekali. Cukup sentuh ujung kiri atas, software yang sedang aktif akan terlihat disana. Menurut saya, ini sangat membantu jika kita sedang membuka banyak software.
Perpindahan Di Kiri Atas

Membuka Beberapa Jendela
Bahasa Indonesia
Jika kita memilih Indonesia dalam pemilihan Region pada saat install, maka tampilannya ada beberapa yang menggunakan Bahasa Indonesia. Seperti Windows Media Player, Photo, Olahraga, Keuangan, Peta, Kamera, Perjalanan. Ini berbeda sekali dengan Windows versi sebelumnya yang tak pernah menggunakan BI.
Beberapa Tampilan Dengan Bahasa Indonesia
‘People’ Yang Terhubung
Dalam software bawaan Windows 8, People, kita bisa terhubung dengan sosial media populer. Seperti Facebook, Twitter, Hotmail, Linkdl, Outlook. Kerennya lagi, software ini sangat mudah digunakan dengan fungsi yang sangat lengkap. Bisa buat comment, like, kirim pesan, lihat profile, foto, dll.
Sosial Media Dengan People
Obrolan Dengan Satu Software
Jika People untuk bersosial ria, Messaging untuk mengobrol ria. Software ini sama seperti namanya, yaitu untuk Chatting. Jika kita loggin ke People, maka teman yang Online akan muncul di Messaging. Sehingga apabila kita sedang beraktifitas dan tidak ingin berhenti ngobrol, software ini amat membantu sekali. Nah, kalau ada obrolan masuk, pemberitahuannya akan muncul di kanan atas.
Tampilan Messaging
Pemberitahuan di Kanan Atas
Pengelolaan Media Yang Rapi
Dulu di Windows 7 kita harus membuka file media (foto, video, suara) dengan menggunakan Windows Explorer, di Windows 8 kita cukup membukanya dengan cepat di software media tersebut. Sehingga, tidak usah keluar dulu untuk memainkan file baru.
Lihat Foto dengan Photo
Memainkan Video dengan Video
Video Player
Sebenarnya masih banyak kelebihan yang membuat saya termangap-mangap. Mungkin di lain waktu saya akan ulas lagi.
Categories: Operating System | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Ada Tambahan ?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: